Memilih Bahan Bangunan Untuk Rumah Tahan Gempa

Disamping sistem konstruksi dan sambungan yang baik, rumah tahan gempa juga memerlukan material yang ringan dan kuat. Karena semakin berat suatu bangunan semakin besar juga gaya gempa yang menimpanya.

Misalnya rumah tradisional dari berbagai tempat di Indonesia yang ternyata lebih tahan gempa dari rumah-rumah modern. Ini disebabkan material yang dipakai kebanyakan berasal dari kayu dan bambu yang ringan dan fleksibel.

Siapa bilang rumah kayu dan bambu tidak kokoh dan tahan lama? Sejarah membuktikan rumah itu dapat bertahan sampai ratusan tahun. Coba kita lihat juga rumah tradisional jepang yang juga terbuat dari kayu dan bambu dapat berdiri kokoh selama ratusan tahun setelah puluhan kali terkena gempa. Ini menunjukan kayu dan bambu memang bahan bangunan yang sudah teruji ketangguhannya.

Rumah modern di Indonesia biasa memakai bata atau batako sebagai material dinding. Sifatnya yang getas dan tidak lentur membuat material ini tidak tahan gempa. Namun untuk alasan kekokohannya terhadap benturan, api, angin dan alasan keamanan lainnya banyak orang yang tetap memilih dinding bata.

Jika anda bersikeras anda harus mematuhi aturan struktur bangunan tahan gempa. Beberapa contohnya adalah:

• Perletakan kolom-kolom praktis di setiap jarang 2- 3 m sepanjang dinding
• Dinding bata perlu diberi angkur ke kolom setiap jarak susunan 8 bata.
• Tidak memasang beban atap langsung diatas bata melainkan harus diberi balok dengan tulangan yang mencukupi.
• Pondasi, sloof dinding dan balok merupakan satu kesatuan sehingga mampu meredam getaran gempa.

Tapi teknologi bahan bangunan saat ini maju sangat pesat. Sebagai pengganti tembok bata anda dapat menggantinya dengan beton ringan aerasi seperti merk hebel dan primacon. Beton ringan tersedia dalam bentuk blok dan panel yang dapat dipakai untuk dinding, pelat lantai ataupun tangga.

Terdapat juga sistem b-panel yang merupakan teknologi baru dinding sandwich. Panel ini menggunakan material b foamyang sangat ringan dilapisi dengan wiremesh untuk kelenturan strukturnya. Ringan dan fleksibel sesuai dengan syarat rumah tahan gempa.

Blog sumber: udhargabangunan.com

You May Also Like

About the Author: Admin