Yuk Kenali Kabel yang Cocok untuk Instalasi Listrik Rumah

KABEL listrik sebuah media untuk mengalirkan energi listrik. Kabel listrik terbagi dalam konduktor serta isolator. Untuk konduktor dibuat berbahan alumunium atau tembaga, sedang untuk isolatornya dibuat berbahan thermosetting atau termoplastik.

Kekuatan hantar kabel listrik dipastikan oleh KHA atau Kekuatan Hantar Arus yang dipunyainya. Kekuatan hantar arus dipastikan oleh luas penampung konduktor yang berada di dalam kabel listrik itu. Mengenai untuk ketetapan tentang KHA satu kabel lirik, ditata dalam detail Standard PLN (SPLN).

Berdasar tegangannya, kabel listrik terbagi dalam tiga kelompok, yaitu kabel listrik tegangan rendah, menengah serta tinggi. Berdasar macamnya sendiri kabel listrik juga ada 3 tipe, yaitu kabel NYA, NYM serta NYY.

Sebelum instalasi listrik, pemakai perlu ketahui terlebih dulu tipe kabel mana yang pas untuk dipakai. Berikut keterangan semasing tipe kabel itu.

1. Kabel NYA

Kabel NYA ialah tipe kabel listrik yang berinti tunggal, isolator kabel listrik tipe ini memiliki bahan PVC. Kabel NYA adalah tipe kabel yang terbanyak terpasang untuk instalasi listrik di dalam rumah. Susunan isolasinya kabel NYA cuma satu lapis, hingga gampang cacat, gampang digigit tikus, dan tidak tahan air.

Agar aman, jika pilih untuk memakai kabel NYA, karena itu perlu dipasang pipa atau conduit tipe PVC atau aliran tertutup hingga tidak gampang rusak karena gigitan tikus hingga bila ada isolasi yang terkelupas benar-benar mencelakakan serta tidak tersentuh

2. Kabel NYM

Kabel NYM ialah tipe kabel listrik yang berinti lebih satu, dari mulai 2 sampai 4. Tipe Kabel NYM memiliki dua susunan isolasi, hingga tingkat keamanannya semakin lebih baik dibanding kabel NYA.

Harga kabel listrik NYM juga tambah mahal dari kabel NYA. Kabel NYM dapat dipakai untuk instalasi listrik di luar atau dalam ruang.

Kabel NYM juga dapat dipakai di ruang yang kering dan basah, namun tidak dipakai untuk ditanam.

3. Kabel NYY

Kabel NYY memiliki ukuran yang semakin besar serta susunan isolasinya semakin kuat serta lebih tebal dari tipe kabel NYM. Hingga kabel NYY ini pas sekali untuk ditanam di tembok atau di bawah permukaan tanah.

Walau memiliki isolasi yang kuat, tetapi perlu masih diberi perlindungan seperti duct, pipa PVC atau pipa besi agar ketahanannya optimal.

Dengan mutunya yang semakin kuat dari kabel NYM, tentunya harga kabel listrik NYY sedikit mahal dari kabel NYM.

Itu beberapa jenis kabel yang umum dipakai untuk instalasi listrik. Sebatas info, untuk beli kabel listrik seharusnya datangi Ralali.com.

Di Ralali.com jual kabel listrik benar-benar komplet serta bermutu. Semua produk di Ralali.com berlisensi SNI hingga aman dipakai.

You May Also Like

About the Author: Admin